Pengumuman

NISN



BILINGUAL CLASS PROGRAM PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Tuesday, 02 April 2013 13:58

BILINGUAL CLASS PROGRAM

MI NURUL HUDA 2 SURODINAWAN KOTA MOJOKERTO


A. MUQODDIMAH

 MI Nurul Huda 2 merupakan lembaga pendidikan formal berbasis keagamaan di bawah naungan Lembaga Pondok Pesantren Al-Quran Nurul Huda Surodinawan Kota Mojokerto. Sebagai Lembaga pendidikan islam MI Hurul Huda 2 memiliki tujuan utama yaitu berikhtiar semaksimal mungkin untuk dapat mewujudkan generasi islam yang memiliki kemantapan akidah al-islamiyah, ber-akhlakul karimahdan memiliki keteguhan dalam menjalankan syariat islam yang berhaluan ahlussunnah wal jama’ah, serta mewujudkan generasi islam yang cerdas dalam penguasaan IPTEK, tangguh dan mandiri dalam menghadapi era globalisasi dan perdagangan bebas tahun 2015.

 B. DASAR PEMIKIRAN

Dalam Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab II Pasal 3 dijelaskan bahwa fungsi pendidikan adalah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.

Untuk mewujudkan fungsi pendidikan seperti itu diperlukan adanya lembaga pendidikan standar nasional sebagaimana yang ditetapkan dalam Standar Pendidikan Nasional (PP No. 19 Tahun 2005), baik berkaitan dengan standar isi, proses, kompetensi lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan, dan standar evaluasi.

Upaya untuk mewujudkan madrasah standar nasional seperti itu, sesungguhnya sebuah keniscayaan jika dikaitkan dalam konteks dinamika kehidupan global seperti sekarang ini yang ditandai dengan kehidupan yang kompetitif. Artinya bahwa untuk melahirkan insan-insan bangsa yang mampu berkompetisi dalam konteks kehidupan global memang harus dipersiapkan melalui proses-proses pendidikan minimal berstandar nasional dan akan lebih bagus lagi jika memiliki keunggulan, baik komparatif maupun kompetitif. Untuk itu perlu memperhatikan karakter-karakter spesifik dalam kehidupan global yang bisa diantisipasi dan direspons dalam lembaga pendidikan, khususnya oleh  madrasah.


Menginsafi pemikiran di atas, Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda 2 Surodinawan sebagai bagian dari lembaga pendidikan yang diamanatkan untuk mendidik putra-putri bangsa dengan sebaik-baiknya bertekad untuk tampil sebagai madrasah yang memiliki kualifikasi standar nasional yang memiliki keunggulan-keunggulan komparatif maupun kompetitif. Sebagai langkah awal untuk mewujudkan madrasah standar nasional yang memiliki keunggulan tersebut, maka Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda 2 Surodinawan Kota Mojokerto membuka Kelas  Bilingual.

C. PENGERTIAN KELAS BILINGUAL

Kelas Bilingual merupakan program pendidikan yang menggunakan  bahasa Inggris dan Indonesia  dalam proses pembelajarannya untuk semua mata  pelajaran kecuali  Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Penjasorkes, Bahasa Jawa, Bahasa Arab dan  SBK.

Dalam program ini siswa diajarkan pembiasaan untuk berkomunikasi dan berinteraksi dalam Bahasa Inggris dan Indonesia ketika proses pembelajaran berlangsung. Namun siswa tidak langsung diajar dengan menggunakan bahasa Inggris secara penuh akan tetapi dilaksanakan secara bertahapdan berkesinambunagan disesuaikan dengan tingkatan kelasnya, sehingga porsi bahasa Inggris yang diajarkan semakin lama makin besar.

Untuk memperlancar dan mempermudah  siswa dalam proses pembelajaran bilingual, didukung dengan buku atau materi ajar yang menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia kecuali  mata pelajaran Bahasa Indonesia, Penjasorkes, Bahasa Jawa, Bahasa Arab dan  SBK. Sehingga mau tidak mau, baik siswa maupun guru akan berusaha keras untuk menggunakan dua bahasa tersebut dalam proses pembelajaran. Yang pada akhirnya  dapat meningkatkan kemampuan siswa berbahasa inggris.


D. TUJUAN PROGRAM KELAS BILINGUAL

Adapun tujuan dibentuknya program kelas bilingual adalah :

1. Meningkatkan mutu pendidikan di MI Nurul Huda 2

2. Mempersiapkan madrasah untuk menuju SSN (Sekolah Standar Nasional) Mandiri dan Rintisan ICP

3. Memberikan  bekal  dan landasan yang kuat kepada peserta didik dalam bidang ilmu pengetahuan, keagamaan dan kebangsaan

4. Memberikan bekal atau landasan yang kuat kepada peserta didik dalam bidang Bahasa Inggris dan ICT (Information Communication Technology )

5. Lulusan MI Nurul Huda 2 kelas bilingual dapat melanjutkan ke SMP/MTs, pondok pesantren favorit.


E. FASILITAS PENDIDIKAN

Fasilitas pendidikan Kelas bilingual yang tersedia antara lain :

1. LCD Proyektor,

2. Televisi

3. 1 Laptop dengan fasilitas Full internet

4. Speaker Active

5. Pendidngin ruang kelas /  AC

6. Loker tiap siswa

7. Rak sepatu

8. Meubelair

9. Almari Guru

10.Papan Pajangan

11.Perpustakaan kelas

12.Pajangan Media Pembelajaran


F. FASILITAS PENUNJANG

Fasilitas Penunjang Pendidikan :

1. Lab. Komputer ( 40 Unit Komputer)

2. Jaringan Internet (WIFI)

3. Website

4. SIAKAD ( Sistem Informasi Akademik ) online

5. SMS Akademik

6. Musholla

7. Perpustakaan

8. Catering

9. Kantin

10.Layanan Antar jemput


G. KURIKULUM

Dalam menjalankan proses pembelajarannya MI Nurul Huda 2 menggunakan Kurikulum Kemendiknas dan Kemenag yang dipadukan dengan kurikulum khas MI Nurul Huda 2.

Adapun struktur kurikulum kelas bilingual  tidak jauh berbeda dengan kelas reguler, yaitu memadukan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) & kurikulum 2013 yang ditetapkan oleh Kemendiknas dan Kemenag. Hanya saja dalam struktur kurikulum kelas bilingual  memiliki  penambahan (keunggulan), baik segi kuantitatif (keunggulan komparatif) maupun kualitatif (keunggulan kompetitif) khususnya dalam bidang bahasa Inggris dan tehnologi. Penambahan keunggulan tersebut antara laian :

1. Mata pelajaran Bahasa Inggris 6 jam setiap  minggu untuk penguasaan materi dan penambahanConversation/percakapan.

2. Keterampilan berbahasa Inggris siswa melalui pembiasaan English Day

3. Semua mata pelajaran menggunakan bahan ajar Bilingual (Inggris & Indonesia ) kecuali Bahasa Indonesia, Penjasorkes, Bahasa Jawa, Bahasa Arab dan SBK. Evaluasi pembelajaran berbasis IT dan menggunakan dua bahasa 60 % bahas Inggris 40 % bahasa Indonesia. Terdiri dari UHB (Ulangan harian Bersama), UTS (Ulangan Tengah Semester) dan UAS (Ulangan Akhir Semester).

4. TIK ( Teknologi Informasi dan Komunikasi ) 2  jam pelajaran.

5. Penggabungan mata pelajaran Agama kurikulum Kemenag dan Pesantren (Pengenalan kitab – kitab pesantren antra lain mabadi’ fiqih, akidatul awwam,tuhfatul athfal,  sulam taufiq).


H. PROSES PEMBELAJARAN

Proses pembelajaran merupakan faktor yang paling mendasar dalam mencapai tujuan program pendidikan. Proses pembelajaran di Kelas bilingual antara lain :


1. KBM (Kegiatan Belajar Mengajar)

a. Pembelajaran Team Teaching untuk semua mapel (1 mata pelajaran diampu dua Guru) dengan menggunakan dua Bahasa (bahasa Inggris dan bahasa Indonesia )

b. Keterampilan berbahasa Inggris siswa melalui pembiasaan English Day.

c. Kegiatan Belajar Mengajar dikembangkan dengan ICT (Information Communication Technology) yang didukung dengan LCD proyektor dan akses internet

d. Metode Pembelajaran menggunakan metode Students Active dan Cooperative Learning, dimana siswa diberikan kesempatan berekspresi dan berkreasi sehingga menumbuhkan pribadi yang aktif, kreatif, inovatif, mandiri dan dapat memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

e. Guru lebih berperan sebagai fasilitator, mediator, dan dinamisator.

f. Setiap pembelajran diawali dengan berdo’a kepada Allah swt agar diberi kemudahan dan kemanfaatan ilmu

g. Untuk menyegarkan otak ketika mengalami kejenuhan dalam pembelajaran, anak-anak diajak untuk tepuk tangan, bernyanyi lagu-lagu MI Nurul Huda 2, lagu kebangsaan, nasyid, senam otak, olah rasa dan olah raga.

h. Disaat pembelajaran, siswa dikondisikan selalu bertasbih, bertahmid dan bertahlil memuji kebesaran Allah setelah mempelajarai pengetahuan dalam setiap pokok bahasan.

i. Melakukan refresing otak dengan menghirup oksigen melalui  hidung dalam – dalam dengan hati bertasbih, bertahmid, dan dikeluarkan karbon dioksida perlahan – lahan melalui mulut dengan hati bertasbih 3 kali gerakan kepala dengan cepat menoleh kekiri, kekanan, kebawah, sambil mengangkat punggung belakang dan keatas.

j. Setiap mengakhiri pelajaran anak-anak diajak untuk bertafakkur kepada Allah dengan membaca tasbih, tahmid, tahlil dan hauqolah mensyukuri dan mengagungkan kekuasaan Allah


2. Keagamaan

a. Bimbingan ibadah dan  amalan yaumiyah dipantau melalui buku penghubung untuk mengetahui kegiatan siswa di rumah dan di madrasah

b. Tartil Al Qur’an secara insentif selama 8 jam pelajaran perminggu. Siswa  dibagi menjadikelompok kecil. 1 kelompok 15 siswa satu ustadz / ustadzah dengan metode “ Adz-Dzikr”.

c. Memberikan teori dan praktek Ilmu Tajwid dan Ghoribul Qiroah

d. Memberikan teori dan praktek tentang cara menulis huruf  Arab dan Pego

e. Menulis Al-Qur’an 30 Juz dengan metode follow the line “ Iqro’ bil Qolam “ ( target 6 tahun siswa khatam menulis al-qur’an )

f. Pengenalan kitab pesantren ( kelas 1 kitab tauhid Akidatul Awwam )

g. Untuk meningkatkan SQ dilaksanakan program :

- Sholat dhuhur berjama’ah

- Sholat dhuha satu minggu sekali

- Berzikir sesudah sholat

- Istighotsah

- Tahlil

- Melantunkan Asmaul Husna dan artinya setiap akan pulang sekolah



I. WAKTU / JAM BELAJAR


Jam pembelajaran Kelas Bilingual  :



NO


HARI

JAM

1

Senin s/d Kamis

06.45 – 14.00

2

Jum’at

06.45 – 10.30

3

Sabtu

06.45 – 11.30


J. KEGIATAN PENDUKUNG DAN PENUNJANG PENDIDIKAN


1. Kegiatan Harian :

a. Penyambutan siswa oleh guru ketika datang di madrasah

b. Tadarrus (membaca surat surat pilihan yang menjadi target hafalan siswa)

c. Tartilul Qur’an  masuk jam pelajaran

d. Tahfidz Juz Amma dan surat – suart pilihan (Yasin, Al-Waqi’ah, Ar-Rohman, Al-Mulk)

e. Sholat Dhuha

f. Sholat Dzuhur berjama’ah, solat sunah Qobliyah & Ba’diyah Dzuhur dan Dzikir sesudah sholat

g. Melantunkan Asmaul Husna setiap akan pulang sekolah

h. Melantunkan lagu Islami, lagu kebangsaan dan lagu MI Nurul Huda 2

i. SMS Ananda  oleh Walikelas :

- Memotivasi siswa untuk melaksanakan sholat fardhu, belajar dan mengaji

- Menjalin hubungan silaturrahim dengan wali murid

- Infiormasi pengumuman/program madrasah

j. Pembiasaan 4 S (Senyum, Salam, Salim, Sapa)

k. Pembiasaan 6 K ( Kebersihan, Kerapian, Kemandirian, Kedisiplinan,  Kejujuran dan Kerukunan )


2. Kegiatan Mingguan :

a. Istighotsah & Tahlil dilaksanakan setiap hari Sabtu

b. Upacara Bendera / Apel Pagi setiap hari Senin

c. Sabtu Beramal

d. SMS Akademik

- Informasi pendidikan                          - Motivasi

- Nasehat                                                      - Kalamul Hikmah

e. Pengembangan Minat & Bakat melalui kegiatan Life Skill


Bidang Seni

Ketrampilan

Olahraga

- Tilawatil Qur’an

- Tahfidzul Qur’an

- Al Banjari

- Qosidah/rebana

- Da’i Kecil/pidato

- Tari islami & daerah

- Teater

- Seni Lukis Pramuka

- Seni Musik & Olah Vokal

- Drum Band

- Kaligrafi

- Rakit komputer

- Memasak

- Menjahit

- Merangkai bunga


- Bulutangkis

- Tenis Meja

- Pencak Silat

- Karate

- Tekwondo

- Renang

- Catur



3. Kegiatan Bulanan :

a. Munaqosah / tes kenaikan jilid

b. Sabtu Bersholawat (pembacaan diba’)

c. Sabtu Sehat dan Bersih  senam dan membersihkan lingkungan madrasah

d. Sabtu Motivasi

e. Majalah Dinding

f. Paguyuban kelas


4. Tahunan :

a. Class meeting /PKMBS ( pekan kreatifitas, minat dan bakat siswa )

b. Out Bond / Darma & Karya Wisata

c. Persami

d. Open House (Hari raya Idul Fitri)

e. Santunan Anak Yatim bulan Mulid dan Ramadhan

f. Peringatan Hari Besar Islam & Nasional

g. Pondok ramadhan di pesantren

h. Sholat ldul Adha dan Penyembelihan hewan kurban

i. Munaqosah dan Wisuda Al-Qur’an bersertifikat KDK (Kemampuan Dasar Keagamaan)

j. Pawai Ta’arruf, Imtihan / Haflah Akhirussanah

K. TARGET LULUSAN SELAMA 6 TAHUN

Dengan program yang dilaksanakan, diharapkan selama 6 tahun belajar di MI Nurul Huda 2 siswa memiliki kemampuan akademik, non akademik dan keagamaan sebagai berikut:


1. Bidang Akademik


a. Menghasilkan lulusan yang memiliki bekal  dan landasan yang kuat dalam bidang Agama, Sains  dan Teknologi.

b. Memiliki kemampuan Calistung (membaca, menulis dan berhitung)

c. Mampu berkomunikasi Bahasa Inggris dengan baik.

d. Mampu mengoperasikan Komputer program word, excel, powerpoint, Blog dan akses internet

e. Rata – rata Nilai Ulangan Semester dan UAM (Ujian Akhir Madrasah) maupun UN pada  seluruh pelajaran minimal 80.

f. Lulusan Kelas Bilingual dapat melanjutkan ke SMP/MTs/pondok pesanteren favorit.


2. Bidang Non akademik

a. Memiliki kemampuan life skil sesuai dengan bidang keahliannya melalui kegiatan Ekstra

b. Menjadi anak yang mandiri, jujur dan bertanggung jawab

c. Menjadi anak yang selalu menjaga kesehatan dan kebersihan

d. Menjadi anak yang cinta tanah air dan bangsa.

e. Menjadi anak yang peduli pada orang lain dan gemar bersedekah

3. Bidang Keagamaan

a. Menegakkan sholat fardhu

b. Gemar menjalankan sholat sunnah

c. Melaksanakan sholat malam

d. Mampu membaca al-qur’an dengan fasih dan lancar

e. Menguasai ilmu tajwid dan ghoribul qiro’ah

f. Hafal Juz Amma, surat Yasin, Al-Waqiah, Ar-Rohman, al-mulk

g. Mampu menulis huruf arab dan pego

h. Selama 6 tahun khatam menulis al-qur’an dengan metode Follow The Line“ Iqro’ Bil Qolam “

i. Mampu membaca Diba’

j. Hafal Dzikir sesudah sholat, Tahlil dan Istighosah dan Asmaul Husna

k. Mengenal kitab-kitab pesantren (Mabadi’, akidatul awwam, tuhfatul athfal, sulam taufiq, aklhakul banin )


L. SERAGAM



NO


HARI

SERAGAM

1

Senin

Hijau Putih

2

Selasa

Batik Ma’arif

3

Rabu-Kamis

Batik khas MI-NH 2

4

Jum’at - Sabtu

Pramuka

5

Baju Olah raga

Menyesuaikan jadwal


M. BIAYA PENDIDIKAN TERLAMPIR


N. LAIN – LAIN

Bagi wali murid yang putra-putrinya dinyatakan diterima agar memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

1. Segera melaksanakan regristasi/daftar ulang tahap pertama dimualai sejak dinyatakan diterima dan paling akhir 15 Februari 2014.

2. Pertemuan Wali Murid baru

a. Hari                    : Sabtu

b. Tanggal             : 8 Februari 2014

c. Jam                     : 08.00 - selesai

d. Tempat             : MI Nurul Huda 2

e. Acara                 : Taarruf dan Sosialisasi program Madrash ( dimohon membawa materi program ini)


3. Pengukuran seragam dimulai :

Hari          :  Senin

Tanggal   :  17 s/d 31 Februari 2014

Jam           :  08.00 s/d 13.00

Tempat   :  NH-TAYLOR Jl. KH. Usman No.  1 Kota Mojokerto ( sebelah barat PP. Al-Qur an Nurul Huda) dengan menunjukkan bukti pembayaran/kwitansi Daftar Ulang tahap pertama.

4. Pengambilan seragam tanggal 23 s/d 25 Juni 2014

5. Masuk tahun ajaran baru hari Senin 9 Juli 2014

f. Pembagian ruang kelas dan tempat duduk siswa

g. Ta’aruf / perkenalan siswa dengan wali kelas

h. Siswa pulang jam 10.00

6. MOS (Masa Orientasi Siswa ) tanggal 9 s/d 12 Juli 2014

a. Taaruf lingkungan sekolah

b. Latihan baris berbaris dan do’a sebelum belajar

c. Pengenalan lagu-lagu dan yel-yel MI Nurul Huda 2

d. Permainan / Soft Game dan pembinaan mental

e. Siswa pulang jam 10.00

7. Madrasah Persiapan ( MP ) dan Pondok Ramadhan 14 s/d 19 Juli 2014, kegiatan :

a. Pemantapan CALISTUNG ( baca, tulis dan hitung ) yang diajarkan hanya mata pelajaran bahasa Indonesia dan Matematika

b. Tes mebaca al-qur’an dan pengelompokan siswa dalam program BTA (Baca Tulis Al-Qur an)

c. Pondok Ramadhan ( materi dan bentuk kegiatan menyusul )

8. Apabila ada hal-hal yang kurang jelas  atau kurang memahami tentang program dan kegiatan madrasah dapat bersilaturrahim ke kantor MI Nurul Huda 2 atau menghubungi :

a. Office                  : 0321-394712

b. Email                  :  This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

c. Wibsite               : mi-nurulhuda2.sch.id


O. PENUTUP

Demikian gambaran program Kelas Bilingual MI Nurul Huda 2 Kota Mojokerto Tahun Pelajaran 2014/2015. Sebagai lembaga pendidikan Islam yang berdiri sejak tahun 1950, MI Nurul Huda 2 menyadari panggilannya dalam hal pendidikan berkualitas, yaitu menjadi Madrasah yang unggul dalam iman dan taqwa serta ilmu pengetahuan dan teknologi. Jalannya program pasti tidak lepas dari adanya kendala-kendala. Untuk itu perlu adanya dukungan dari segala pihak baik pemerintah, sekolah, guru, siswa, orang tua, maupun masyarakat yang peduli pada pendidikan, agar program Kelas Bilingual yang dirintis mulai tahun pelajaran 2012/ 2013 akan berhasil dan bisa ditindak lanjuti menjadi rintisan kelas ICP ( International Class Program) pada tahun mendatang, amin ya Robbal alamin.

Mojokerto, 8 Januari 2014

Last Updated on Friday, 25 September 2015 01:49
 


Copyright (C) 2013 MI NURUL HUDA 2