Pengumuman

NISN



PDF Print E-mail

# TEKHNOLOGI KOMPUTER


Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut disebut sebagai komputer.

Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat danInggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.

Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.

1.  KOMPUTER MERUPAKAN HASIL INDUSTRI CANGGIH YANG BERMANFAAT.

Komputer yang kita kenal saat ini adalah hasil pengembangan teknologi elektronika dan informatika sehingga bentuk komputer yang asalnya berukuran besar dan makan tempat, sekarang berbentuk kecil dengan kemampuan besar. Kemajuan industri komponen elektronika IC (integrated circuit) telah mendorong terciptanya berbagai perangkat chip IC yang beragam dan mendukung berbagai keperluan pembuatan produk elektronik. Kemajuan teknologi elektronika tidak terlepas dari adanya kemajuan dibidang pengetahuan dan pengolahan bahan semikonduktor khususnya silicon.

 
PDF Print E-mail

TIK 5

 
PDF Print E-mail

# Cara Mudah Membuat Grup Email di Gmail

Pernah terlintas membuat grup email layaknya membuat grup kontak di ponsel kamu? Hal inilah yang membuat saya iseng bereksperimen karena penasaran apakah bisa membuat grup email layaknya membuat grup kontak di ponsel.

Bermodalkan rasa penasaran, saya mengotak-atik beberapa menu di Gmail dan saya menemukan cara untuk membuat grup email di Gmail. Mengapa hal ini saya lakukan? Fungsi dari membuat grup email ini adalah jika kamu ingin mem-broadcast email kamu di kontak email tertentu saja, misalkan kelompok mata kuliah tertentu.

Tentu jika kamu menuliskannya secara manual, kamu akan kesusahan untuk menghapalnya. Dengan membuat grup email, kamu akan lebih terbantu untuk manajemen email teman-teman satu kelompok di perkuliahan. Fitur ini memang digunakan untuk memudahkan manusia dalam menghadapi tabiat yang pelupa.

Sudah penasaran 'kan bagaimana cara membuat grup email di Gmail. Berikut ini adalah cara mudahnya.

Cara Mudah Membuat Grup Email di Gmail

Jika kamu pengguna setia Gmail, maka berbahagialah karena Gmail menyediakan fitur yang memudahkan satu urusanmu. Dengan Gmail, kamu bisa membuat grup email. Saya belum bereksperimen di penyedia email lainnya, seperti Yahoo.

Baiklah, pertama yang harus dilakukan adalah kamu harus login terlebih dahulu di akun Gmail kamu. Dalam kasus kali ini saya mempraktikkannya menggunakan akun Gmail kustom saya. Jangan kaget karena tampilannya tidak seperti akun Gmail lainnya. Meskipun tampilannya sedikit berbeda, yakinlah saya menggunakan layanan Gmail.


Pertama, klik pada menu di sebelah kiri atas, sebelah kanan "Mail". Maka akan muncul menu seperti gambar di atas. Pilihlah "Contacts".

 
PDF Print E-mail

TIK 2

 
More Articles...




Copyright (C) 2013 MI NURUL HUDA 2